Yuk Buat Mayonaise Dari Putih Telur

Saya sangat suka si mayo putih asem ini, tapi karena yg kebanyakan dipasaran harganya mahalll gila min diatas 20rebu trus itu high kalories tau kenapa,
1 mayonaise terbuat dari kuning telur
2 merupakan emulsi dari minyak goreng
So bayangkan sendiri hasil kalori di badan kamu, alternatif lain kita pilih mayonaise low fat tapi bayangkan yg regular aja mahal apalagi yg lowfat.

Saatnya kita ke dapur apa aja seeh yg dibutuhkan, Jawaaaabannnyaaa
1. Blander Yg ada tombol pulse alias teken lepas teken lepas saya pake punya mami aye merek cosmos
2. Gelas cantik saya pake gelas takar ricecooker karena ada mililiternya

Saya pernah baca ada yg pake mixer dll ribet hasilnya malah ancur rumah amis semua. Yuk lanjut ke bahannya:

1. 2 butir putih telur
2. 1 gelas minyak(canola/olive/zaitun/kedelai/yg paling murah minyak Bimoli) kira-kira 200ml. Pilih aja minyaknya salah satu yg paling lowfat canola yg paling murah kelapasawit kayak bimoli cuma lemaknya makin tinggi aja bedanya, khusus olive ato zaitun baunya lebih tajem. Saya pilih bimoli karena mumer.
3. 1/2 sendok teh Mustard kemasan saya pilih merek maestro. inget dikit aja ini yg memberikan rasa khas di mayonaise klo nggak ada rasanya nggak otentik lagi dong
4. 1/2 teh garam halus.
5. 6 sdt perasan lemon/nipis/cuka makan berfungsi sebagai penggabung minyak dengan telur jangan lebay nanti asem

ITS TIME TO START
1. Yuk mulain meraciknya masukin hal berikut ke gelas blender cosmosnya(iklan banget). Pertama masukin 2 putih telur di dalem blender, masukin mustard, masukin garem,masukin air jeruk/cuka

2. Udah masuk telur n bumbunya lanjut yah masukin segelas minyak sayurnya. Dudukin dah tu blender ke motornya tutup diemin dulu 2menit biar posisi telur stabil dulu(kalo lo nggak ngunggu 2menit gw jamin mayonya encheer karena telur masih belum kenalan sama minyaknya)

3. Udah tenang si telur teken deh tombol * di cosmos biasanya ada juga yg tulisannya p tombolnya untuk blender lain tekan 2detik on 2 detik lepas selama 15 detik buka tutupnya liat udah mulai kentel kan jangan buru2 rapihin lagi adonan yg muncrat-muncrat di pinggir gelas pake sendok jangan tangan yah.
4. Pencet-pencet lagi tombol p* selama 30 menit. TARAAAAA!!!! Jadi deh mayonaise pake putih telur cicipin dulu pas nggak rasanya kalo kurang bisa tambahin mustard/garemnya pencet p* lagi
5. Angkat dan simpan di botol saos tomat atau selai kacang simpan di kulkas.

Selamat membuat total biayanya tidak lebih dari 8rb untuk kelapa sawit harga berbeda untuk minyak lainnya.

Referensi : http://www.injennieskitchen.com/2011/07/homemade-lowfat-mayonnaise.html
Ini berhasil daripada gw ikutan chef ramsay di youtube jadinya dapur gw amis semua thanks buat mrs jennie

Posted on 12 Februari 2012, in Uncategorized and tagged , , . Bookmark the permalink. 4 Komentar.

  1. itukan setelah dipencet2 tombol nya dg jeda 2 detik….
    trus dipencet selama 30 menit,yg 30 menit tuh pake jeda 2 detik ato dipencet terus tombolnya ?

  2. Resep2 nya sungguh,,,jebreettt!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: