SPAGHETTI ITU MUDAH DIBUAT DAN PASTINYA MURAH

Spaghetti adalah sejenis pasta yang terbuat dari hanya tepung gandum atau terigu tanpa tambahan apapun inilah yang membedakannya dengan Mie(mie menggunakan garam,soda, pengembang, penguat,pewarna,telur,ragi dll) jadi spagheti itu cuma tepung gandum atau terigu dan air tanpa garam dll just wheat flour n little bit a water.

Spaghetti itu awalnya memang mie dari China yang dibawa Marcopolo ke daratan eropa sebagai oleh oleh kaisar china pada tempo dulu itu, kok jadi kayak lidi sih bob, karena marcopolo melewati lautan yang panas jadi pas nyampe eropa udah kering

Pasta sangat cocok untuk diet asa(nggak lebay makannya) karena biasanya tanpa tambahan apapun berbeda dengan mie instan, jadi spagheti bisa menjadi alternatif pengganti mie instan.

Spagheti di indonesia yang paling terkenal bermerek LA Fonte buatan Indofood harga per 200gr = Rp 8000 jaman saya diet dengan membuang semua mie instan ke lafonte ini harganya cuma 4000 wah naik 2x lipat bukan.

Tepung yang digunakan untuk membuat Spagheti adalah Cakra kembar sebab cakrea kembar adalah tepung dasar yang sama digunakan lafonte (lah sepabrik kok sama indofood) pemilihan Cakra kebar karena Tinggi Protein Gandum yang Disebut Glutten.

Ini step by step cara membuat Pasta Spagheti sendiri dirumah kita memerlukan:

1. Pasta BIke alias mesin giling Mie (bisa diganti Botol sirup dan Pisau dapur) untuk membuat menjadi lembaran dan memotongnya ke bentuk spagheti

IMG0567A

2. Timbangan (bisa pakai insting aja)

3. Tepung Terigu Cakra Kembar 1kg / Terigu Protein TInggi Buat Mie n Roti

IMG0567A

 

4. Air matang (kirakira 10 sendok makan untuk 100gr tepung) jangan banyak2 hanya dikit

5. wadah

6. air mendidih miyak goreng dan garam(khusus untuk merebus Spagheti aja).

INI LAH PROSEDURNYA:

1. siapkan tepung saya mulai dari porsi 100gr yah dengan 5-10 sendok air

 

IMG0544A IMG0545A IMG0570A

setelah tepung diletakkan di wadah buat lobang ditengah2nya dan tambahkan air sesendok demi sesendok (tidak boleh kebanyakan air bisa gagal digiling nantinya) aduk dengan sendok

2 setelah dengan sendok lanjutkan dengan tangan sampai kalis aka padet banget dah tambahkan tepung kalau basah untuk Spahetti harus keras sebab kalo lembut bakal gagal di gilingnya sampai dapat diangkat seperti digambar dibawah ini yah.

IMG0549A IMG0571A IMG0550A

3. mulai gilas dengan ukuran 1 pada pasta bike(mesin filing mi) sambil terus dibubuhi tepung biar nggak putus. potong rapihkan dan di giling lagi dengan menaikkan gear perseneling pastabike(mobil kali) sampai level 3 aja sebab spageti itu gede-gede kalo mau buat mie lanjutkan sampai level 5 atau 7 jadi mie halus. Spagheti cukup sampai gigi 3 atau 4. setelah halus masukkan kebagian mie yang ada di pasta bike, giling hati2 dan perlahan biar bentuknya bagus

IMG0588A IMG0590A IMG0591A

4 setelah jadi pasta langsung rebus atau masuk ke oven dengan suhu 150 derajat celcious selama 20 menit atau sampai kering(kusus untuk disimpan lama), karena saya laper saya langsung rebus aja dengan air mendidih yang telah ditambah sedikit minyak dan sedikit garam

IMG0592A IMG0593A IMG0599A

5. angkat tiriskan, kalo lengket bisa disiram air dingin biar kering dan disiram saus daging atau ayam sesuai selera

IMG0600A IMG0602A IMG0603A

 

6. SAATNYA MAKANNN

IMG0605A

 

ESTIMASI KEUNTUNGAN 1 KOTAK LAFONTE = 200GR BERARTI DARI 1KG CAKRA KEMBAR DAPAT 5 KOTAK LAFONTE

5 KOTAK LAFONTE = 5X8000= Rp 40.000 > 1KG CAKRA = Rp 13000

berarti saya untuk 3 kali lipat lebih untung dong hehehehe, cocok yang mau buat usaha kecil

About boby fahlevi

saya sangat bersemangat

Posted on 12 April 2011, in MAKANAN. Bookmark the permalink. 8 Komentar.

  1. Wah hebat banget bikin spagheti sendiri…biarpun saya cewe tapi bisanya cuma beli doank ;p Sekalian di post donk resep bumbu spaghettinya

  2. rasanya dibanding mie instan gmn bro?
    tahan berapa hari di frezzer?

  3. seep………….. terima kasih kang infonya… ini yang saya cari………….🙂

  4. wow aneh gan, kq ga pake telor?

    • boby fahlevi

      Ya gak lah spageti makanya oke buat diet karena cuma gandum durum aja komposisinya berbeda sama mie *sumberkemasanlafonte Follow @bobyfahlevi ya

  5. Asalamu’alaikum,,,
    alhamdulilah udara cerah,,smoga ampe nanti malem ga ujan ya (‘_^)
    sembari OL liat2 BLOG orla,,klik yuks http://mazayabandung.com/
    hatur nuhuuunnn🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: