MEMBERSIHAKAN PRINTER HP YANG MENGGILA 3920 DAN SEJENISNYA

ini printer saya yang kedua dulu punya canon emeng hp merek paling strong n fast cepet irit hemat bukan iklan ini mah cum belakang ini si hp mulai menggila dimulai dari catridnya yang ditabrak ke kanan dan kekiri.

IMG7492A

what wrong ternyata hal ini disebabkan kotoran tinta yang mengganggu pembacaan barcode dan readernya didalam printer yang bertugas menentukan arah gerakan printer ke kanan dan ke kiri. jika ada noda yang menutupinya biasanya printer akan mengoyang-goyang kekanan-kekiri dangdut banget emeng dengan hentakan musik rock jeleger jeleger sampe ortu nanya tu siapa yang mantek2 printer nya.

saya akan mencoba memberikan tips membersihkan barcodenya tersebut.

1 siapkan sikat gigi, kain flanel untuk kacamata /kain pembersih mobil, air ,obeng belimbing kecil / obeng – dengan ukuran sama

IMG7505A

2. buka 4 baut, 2 terletak didepan dan 2 dibelakang. pastikan semua kabel dan catride telah dilepaskan dulu sebelumnya ya

IMG7491A

3. setelah dibuka semua bautnya tinggal diangkat keatas secara pelan-pelan sehingga terlihat

IMG7506A

4. bersihkan dengan kuas gigi ato kalo punya vacum cleaner boleh digunakan juga biar lebih cepat pastikan debu direlnya telah dibersihkan semua

IMG7498A

IMG7499A

5. tahapan selanjutnya harus lebih berhati-hati karena kita akan membersihkan mistar barcode dan barcode readernya seperti gambar dibawah ini

IMG7495A

6. lepas barcodenya agar mudah dibersihkan ada pengait di ujung-ujungnya pelan-pelan yah kalo takut rusak ya tidak perlu dilepas juga tidak masalah namun kita tidak dapat membersihkan sensor readernya nanti.

IMG7494A

7. setelah dilepas bersihkan secara perlahan dengan kain flanel yang telah dibasahi dengan air sedikit aja jangan basah banget cuma lembab saja.

IMG7497A

8. bersihkan perlahan secara searah saja jangan bulak-balik karena dapat merusak barcodenya . kotoran tinta terlihat di kain ini penyebab printer goyang kanan kiri

IMG7500A

9. selanjutnya kita membersihkan mata sensornya yah. pastikan barcode rulernya sudah dilepas. masukkan kain tersebut disela-sela sensor yang membaca bersihkan ke kiri searah pastikan bersih

IMG7502A

10. pasang kembali barcode rulernya (penggaris barcodenya) di pegaitnya pastikan telah masuk dulu kedalam sensornya. jangan tutup dulu cover casingnya melainkan tes hidupkan dengan memasang katridnya dan menekan tombol covernya lihat gerakan catrid apakan sudah normal jika normal koneksikan printer dengan komputer dan coba mencetak jika kerusakan sudah parah mungkin masih nabrak ulangi langkah pembersihannya atau ganti barcode rulernya karena sudah rusak karena lecet. jika bisa mencetak kembali berarti anda siap untuk membautnya kembali

11. baut kembali ke 4 bautnya dengan benar dan sekarang printer hp anda telah fit kembali siap mencetak lagi deh

pada beberapa kasus printer masih rewel ganti saja barcodenya dapat dicari di toko loak komputer namun kalo udah parah ya saya juga berencana ganti printer mungkin hp sudah menghitung umur untuk printer entry levelnya(murah) cuma bertahan 5 tahun dan harus diganti. murah kok untuk seri terbarunya paling

Rp 350.000. langkah diatas dapat dilakukan sebelum membeli printer baru yah lumayan buat penghematan.

kalo ada yang punya masalah dan tips menghadapri printer sejenis boleh di sharing ya

About boby fahlevi

saya sangat bersemangat

Posted on 8 Januari 2011, in KOMPUTER and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. 9 Komentar.

  1. blognya berat,, mungkin krn backgroundnya

    oia,, kalo printer yg ada scanner kan musti buka scanner dulu yaks?

  2. kalo hp psc emang diangkat dulu scaner atasnya, lakukan kalo ada gerakan aneh aja kalo masih baru jangan dicoba keculali kotor banget dalemnya, hp masalahnya jarang banget soalnya

  3. oia,, u pke tinta suntik/tinta external yg modifan gt?

    • pake tinta suntuk merek blue print, kalo pake data print suka beku dan jarumnya tumpul jadi susah nyuntuknya, tinta infus tidak cocok untuk printer HP karena catrid bakal banjir dan nggak cocok dengan goyangan HP , selang infus hanya cocok untuk printer canon atau epson

  4. selama ini dh brp kali nyuntik??
    gk pernah ganti cartridge?

    • per katrid 20X bisa lebih kalo mampet tinggal direbus lancar lagi asal mata besi di katrid nggak lecet its fine aja suntuk terus, cuma untuk yang warna musti lebih hati2 tabungnya kan lebih kecil dan 3warnanya. pernah lah kalo udah cetakan putus2 walau udah direbus wajib diganti. inget tinta bawaan hp itu introductori artinya wajib diganti kalo udah diganti katrid baru enak di tusuk2nya yang bawaan itu jelek ketridnya

  5. ntar kpn2 posting tentang “merebus cartridge” yaks

    oia,, printer punya q bkn introductory ink lagee
    tp dah full ink dari sono nya

  6. kalo hp 3920 kayak di atas tu bisa di infus gk gan?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: